juara lomba cerpenKamis, 10 Maret 2016 19:01 Daerah

 

Pati, NU Online

Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama (MANU) Luthful Ulum Wonokerto Pasucen Trangkil, Pati, Jawa Tengah, Rabu (9/3) mengadakan pelatihan jurnalistik khusus untuk mengolah website dengan berita-berita yang kreatif dan inovatif. Pelatihan ini diadakan karena MANU Luthful Ulum ingin memaksimalkan fungsi website di www.manuluthfululum.com.

 

Mohammad Khoirun Niam Al-Hafidh, Pengurus Lakpesdam PCNU Pati mengisi acara jurnalistik ini. Menurut Niam, website sekolah harus diisi dengan berita dan opini yang menarik. Website ini harus menjadi ajang pengembangan bakat dan minat siswa-siswi, khususnya dalam bidang jurnalistik. Membuat laporan kegiatan menjadi menu utama website.

 

“Siswa-siswi MANU Luthful Ulum haru bisa membuat laporan kegiatan yang berkaitan dengan apa saja, baik itu intrakurikuler maupun ekstrakurikuler khususnya kegiatan-kegiatan ilmiah, seperti seminar, bedah buku, pelatihan, dan lain-lain,” jelas Niam.

 

Selain itu, tambahnya, website juga diisi dengan kreativitas siswa-siswi, seperti cerpen, novel, puisi, prosa, makalah ilmiah, esai, artikel, dan lain-lain. Tidak ada batasan dalam berkarya, sehingga karya apapun asalkan memberikan informasi yang positif bisa dimasukkan dalam website untuk menambah wawasan dan memperluas cakrawala pemikiran.

 

Untuk memotivasi siswa-siswi MANU Luthful Ulum, Niam memberikan tips-tips sukses, seperti memulai dengan menulis diary untuk mendokumentasikan kegiatan harian, kemudian menulis puisi, cerpen, dan mencoba menulis esai.

 

Ketekunan, lanjut Mas Niam, sangat dibutuhkan jika seseorang ingin menjadi penulis profesional. Kerja keras, kecerdasan, dan keunggulan yang disertai dengan ketekunan akan menjadikan kemampuan seseorang melesat dengan cepat, seperti busur yang sulit dihentikan.

 

Dalam pelatihan ini, diumumkan dan dibagikan hadiah bagi para juara cerpen yang diraih oleh Diah Mawarni untuk juara 1, Novianta Awaluddiin juara 2, Dian Puspita Sari untuk juara 3, Niken Fitriana untuk juara harapan 1, Rita Apriliana untuk harapan 2, dan Puji Lestari untuk harapan 3. Siswa-siswi ini memenangkan perlombaan menyisihkan seluruh siswa-siswi yang mengirimkan karya cerpennya.

 

Nur Alimah, Wakil Kepala Madrasah bidang kesiswaaan MANU Luthful Ulum mengatakan, madrasah ini terus mengadakan lomba-lomba untuk mengasah kreativitas siswa-siswinya supaya ke depan mereka menjadi kader-kader masa depan bangsa yang kompetitif dan produktif. (Jamal Ma’mur/Fathoni)

 

 

http://www.nu.or.id/post/read/66424/adakan-pelatihan-jurnalistik-manu-luthful-ulum-maksimalkan-website